Berikut 5 Tanaman Hias Paling Mahal di Dunia

  • Bagikan

Publikbogor.com – Tanaman hias kian digandrungi semasa pandemi Covid-19. Tanaman hias pun harganya makin melambung tinggi.

Bahkan beberapa tanaman hias bisa dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta. Tak cuma itu ada juga yang menukarnya dengan mobil bahkan rumah.

Faktor kelangkaan, perkembangbiakan, hingga keindahan, berperan menaikkan harga tanaman hias.

Namun tahukah Anda ada beberapa tanaman hias lain yang juga punya harga termahal. Beberapa di antaranya bahkan mencapai miliaran rupiah. Berikut lima tanaman hias yang punya harga fantastis.

1. Mature fiddle leaf fig tree

Tanaman ini dikenal sebagai pohon kimunding atau ketapang biola dan bernama latin Ficus lyrata. Daunnya yang lebar dan mengilap inilah yang membuat fiddle leaf fig diburu dan dicintai oleh banyak desainer interior.

Dikutip dari The Spruce, Fiddle leaf bahkan pernah dibanderol seharga US$80 sampai US$300 atau setara Rp 1,1 hingga Rp4,2 juta.

Tanaman hias ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau angin, dan menyukai cahaya sinar matahari tidak langsung.

2. Variegated monstera

Tanaman hias monstera merupakan salah satu tanaman paling populer di tahun 2020. Namun, karena budidayanya yang lambat, membuatnya sangat langka dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Tanaman jenis ini pernah dijual seharga US$700 hingga US$5000, atau setara dengan Rp9,8 juta hingga Rp70 juta.

3. Philodendron minima

Selain monstera, Philodendron minima juga termasuk tanaman hias yang populer. Dikenal sebagai mini monstera atau picolo, tanaman hias ini dihargai setara Rp702.100 hingga Rp114 juta.

Tanaman hias ini memiliki harga yang mahal karena unik dan sangat langka. Philodendron minima yang berukuran kecil, hanya memiliki empat daun dan warna kuning yang menakjubkan di setiap daunnya.

4. Shenzhen nongke orchid

Tanaman hias jenis anggrek ini juga menjadi salah satu tanaman termahal di dunia. Anggrek ini dibanderol seharga US$200 ribu atau setara Rp2,8 miliar.

Anggrek ini sebenarnya merupakan hasil rekayasa genetik. Para ilmuwan butuh waktu 8 tahun untuk membudidayakan bunga tersebut.

5. Old pine bonsaii

Pohon bonsai menarik perhatian pecinta tanaman karena pohon berukuran kecilnya yang unik.

Pinus putih merupakan salah satu jenis bonsai termahal karena berusia berabad-abad. Bonsai satu ini ditaksir seharga US$ 50 hingga US$1.3M, atau setara dengan Rp702.175 hingga Rp18,2 miliar.

 

(Cnn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *