, , ,

Bima Arya Ungkap Alasan Tunda Belajar Tatap Muka di Bogor

by -

Publikbogor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat menunda pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tatap muka. Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan KBM tatap muka di tengah pandemi covid-19.

Bima Arya mengataada tiga indikator utama yang menjadi patokan untuk membuka pembelajaran tatap muka. Pertama kesiapan protokol kesehatan dari masing-masing sekolah dan kedua persetujuan dari para orangtua siswa dan komite sekolah. Ketiga, melihat perkembangan situasi kasus covid-19 di Kota Bogor.

“Setelah dilakukan kajian dan survei, tiga hal tadi tidak terpenuhi. Sebagian besar sekolah ini masih belum siap baik protokol kesehatannya maupun dukungan dari orangtuanya dan secara umum di Kota Bogor covid-19 justru trennya sekarang sedang naik,” kata Bima, di Balai Kota Bogor, Selasa (5/1/2021).

Karena itu, Pemkot Bogor bersama Dinas Pendidikan, Kantor Cabang Dinas Provinsi, Kementerian Agama, dan Dewan Pendidikan memutuskan pembelajaran tatap muka belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Saya mengambil keputusan pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan dan hanya bisa dilaksanakan ketika tiga faktor tadi sudah terpenuhi. Utamanya jika kondisi covid-19 di Kota Bogor yang sudah relatif terkendali,” ucap Bima.

Dia pun tidak bisa memastikan kapan rencana pembelajaran tatap muka kembali digulirkan. Menurutnya persoalan ini harus dilakukan secara matang.

“Bisa jadi akhir tahun. Tapi kalau di pertengahan tahun kondisi sudah membaik ya bisa saja (direncanakan kembali), tapi itupun baru simulasi. Intinya nyawa anak-anak lebih penting, tidak bisa percobaan,” katanya.

 

(iN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *