Catat, Ini Tanaman Yang Akan Tren di 2021

by -

Publikbogor.com – Tren tanaman hias masih belum surut. Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat senang menemukan hobi baru untuk melepas penat waktu di rumah. Salah satunya adalah mengoleksi dan merawat tanaman hias.

 

Menurut penghobi, tanaman hias tidak mempercantik hunian, tetapi juga memperbaiki suasana hati penghuninya. Bahkan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Ini karena sering terjadi pertukaran antarpenghobi baik itu jual beli atau barter.

 

Mengutip Haibunda.com, berikut adalah 5 tanaman hias indoor yang diprediksi akan naik daun di 2021.

 

1. Lidah Mertua

Ternyata masih banyak pehobi yang suka tanaman yang tren dari tahun lalu ini. Perusahaan penjual tanaman hias The Sill dalam survei, mengatakan banyak yang mengaku merawat lidah mertua di tahun ini.

 

“Karena banyak orang yang cukup baru dan memiliki tanaman hias, di 2021 akan menjadi tahun dimana tren favorit yang telah dicoba dan bagus itu sansevieria, pothos, atau tanaman ZZ,” kata Erin Marino, Direktur Pemasaran The Sill.

 

Lidah mertua disukai karena dianggap tanaman yang baik untuk pemula dalam hal perawatan. Lidah mertua juga bisa menyaring udara dari kotoran sehingga membuat udara terasa lebih segar.

 

Ciri khas daunnya yang berbentuk runcing, bertekstur keras, dan berwarna hijau dengan tepian kuning, menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari lidah mertua ini.

 

2. Tanaman Doa

Marantha Red Prayer kerap disebut sebagai tanaman doa. Tanaman ini akan menggulungkan daunnya setiap malam menyerupai tangan yang sedang berdoa.

Daunnya juga memiliki corak yang cantik. Tidak hanya berwarna merah, dalam varietas lainnya memiliki corak berwarna merah jambu dan perak pada daun hijaunya.

 

Menurut Alfred Palomares, Wakil Presiden 1-800-Flowers.com, mengungkapkan Marantha akan menjadi tren karena makna simboliknya.

 

“Tanaman marantha red prayer dengan daun yang terlipat seperti tangan sebagai tanda terima kasih, mendorong kita untuk terhubung dengan orang lain dan memanfaatkan momen-momen spesial dalam hidup,” terang Palomares.

 

3. Ara Biola

Fiddle leaf fig sering juga disebut ara biola juga akan populer di tahun 2021. Joyce Mast, pemilik Bloomscape sekaligus pakar hortikultura, menyebutkan tanaman hias ini populer karena perawatannya yang mudah.

 

“Tanaman ini membuat pernyataan tanpa instruksi perawatan yang rumit, yang disertakan dengan Fiddle,” jelas Mast.

 

Hanya tempatkan tanaman ini di paparan cahaya terang tapi tidak langsung seperti di jendela. Dan disiram secara secukupnya setiap harinya.

 

4. Alocasia Polly

Tanaman ini termasuk ke dalam famili Araceae memiliki nama umum African Mask. Umumnya tanaman ini tersebar di hutan hujan tropis Amazon atau Afrika Selatan. Tinggi tanaman hias ini bisa mencapai 60 cm.

 

Betuk daun unik menyerupai hati dengan urat berwarna putih. Menurut Konsultan tanaman dari Green Piece, Mayryah Greene, Alocasia Polly diprediksi akan ngetren di 2021.

 

“Alocasia memiliki daun besar yang tumbuh dalam berbagai bentuk dan variasi warna. Daunnya bisa tumbuh cukup besar, sehingga memberikan efek tanaman lebih besar yang bisa tumbuh dalam pot yang relatif lebih kecil,” katanya.

 

5. Kaktus Ekor Kera

Monkey Tail Cactus akan naik daun di tahun ini. CEO Tula Plants & Design Christian Summers mengatakan, kaktus tipe ini banyak diburu oleh penggemar tanaman hias.

 

“Setiap kami restock, dalam waktu seminggu sudah terjual habis,” jelasnya.

 

Tanaman hias gantung ini memiliki duri yang panjang, berwarna putih, lembut seperti rambut. Selain itu ciri khasnya punya bunga yang cantik berwarna merah cerah serta daun yang unik. Untuk perawatannya bisa disiram dengan air secukupnya serta letakan pada paparan sinar matahari.

 

(Cnbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *