Enam Manfaat Minyak Kemiri Bagi Wajah

  • Bagikan

Publikbogor.com – Manfaat minyak kemiri untuk wajah ternyata juga bisa digunakan, di samping kegunaannya untuk rambut. Minyak ini memang terkenal dengan manfaatnya yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut.

 

Minyak kemiri juga cukup aman digunakan pada kulit wajah. Kandungan vitamin A, C, D, dan E berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, ada juga asam lemak sehat, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6). Asam lemak ini memberikan nutrisi yang baik untuk kulit.

 

Manfaat minyak kemiri untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya tersebut. Sekarang ini bahkan sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan kemiri. Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping.

 

Berikut rangkumannya;

 

Menghilangkan Kerutan di Wajah

Manfaat minyak kemiri untuk wajah bisa digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, minyak ini kaya antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengganti sel-sel kulit mati.

 

Secangkir minyak kemiri mengandung sekitar 85 persen vitamin E. Minyak kemiri juga mengandung vitamin A, C, dan K. Vitamin ini bekerja secara bersamaan untuk menjaga keremajaan kulit, mencegah pembentukan keriput dan kerutan. Perkembangan dini garis-garis halus di alis atau di wajah juga teratasi dengan baik, sehingga memperlambat proses penuaan kulit.

 

Melembapkan Kulit

Manfaat minyak kemiri untuk wajah selanjutnya adalah melembapkan kulit. Hal ini didapatkan berkat kemiri yang mengandung antioksidan, yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Minyak ini juga dapat menyerap cepat ke dalam kulit dengan sempurna.

 

Kandungan antioksidan dan asam stearat pada minyak kemiri bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, dan F (omega-6) pada kemiri dapat menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan

 

Merawat Kulit dari Sinar Matahari

Minyak kemiri dapat diserap oleh lapisan kulit terdalam dan membantu perlindungan kulit dari kerusakan. Oleh karena itu, minyak ini dapat digunakan untuk menenangkan kondisi kulit yang terpapar sinar matahari dan membantu menghilangkan stretch mark.

 

Minyak kemiri dapat dijadikan tabir surya alami untuk membantu kulit menyaring sinar UV internal matahari. Karena kualitasnya, kerap sekali minyak kemiri dijadikan sebagai bahan dasar lotion.

 

Minyak kemiri mengandung vitamin E yang sangat efektif dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari. Jika digunakan secara rutin maka kulit akan tampak lebih sehat.

 

Membuat Wajah Bercahaya

Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri dapat melindungi dari sinar sinar UVA dan UVB, di mana sinar ini dapat merusak kulit dan membuatnya menjadi kusam. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang dimiliki kemiri dapat membantu regenerasi kulit. Kondisi kulit akan menjadi lebih sehat dan bercahaya.

 

Jika kamu rutin menggunakan minyak kemiri, maka kulit akan menjadi lebih bersih dan cerah. Kamu pun bebas beraktivitas seharian meski di bawah sinar matahari sekalipun.

 

Meredakan Eksim dan Efektif untuk Penderita Psoriasis

Minyak kemiri juga dapat membantu kamu yang memiliki keluhan kulit eksim atau menderita psoriasis, seperti dilansir dari FutureDerm. Hal ini dikarenakan sifat kemiri yang dapat melembapkan kulit dengan baik.

 

Minyak kemiri dapat meredakan gatal pada kondisi kulit seperti eksim. Lalu, kondisi seperti psoriasis dan rosacea juga dapat dikurangi gejalanya dengan minyak ini.

 

Menyamarkan Bekas Luka

Kulit sangat sensitif, terkadang terkena goresan sedikit saja sudah menjadi luka yang serius. Bekas luka seperti, luka bakar, iritasi, bekas jerawat dan kulit kering bisa diatasi dengan minyak kemiri.

 

Cukup oleskan minyak kemiri pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Tak butuh waktu lama kulit menjadi lebih halus dan bekas luka tersamarkan.

 

(Lpt6)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *