, , ,

Indonesia Masuk Dalam Kondisi Darurat Covid-19

by -

Publikbogor.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan pandemi virus corona di Indonesia masuk dalam kondisi darurat.

Hal ini dikarenakan ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) sudah terbatas.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan jika dilihat secara nasional ruang ICU dan isolasi bagi pasien corona sangat mengkhawatirkan.

Wiku menyatakan ini menjadi alarm untuk masyarakat bahwa kondisi pandemi di Indonesia sudah darurat.

Di beberapa daerah, sambung Wiku, keterisian tempat tidur untuk ICU dan isolasi sudah melebihi 70 persen. Kondisi ini terpantau pada 2 Januari 2021.

“Ini di antaranya terjadi di DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah,” ujar Wiku saat jumpa pers, Selasa (5/1/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Wiku mengingatkan jika ruang ICU dan isolasi ditambah, bukan berarti masalah teratasi.

Penambahan ruang perawatan harus diikuti dengan tenaga kesehatan. Namun saat ini jumlah tenaga kesehatan juga terbatas.

Apalagi sampai saat ini sebanyak 237 dokter wafat dan tren kematian tenaga kesehatan akibat virus corona terus meningkat sejak bulan Oktober dan yang tertinggi pada Desember 2020.

“Jika masyarakat terus abai dan meninggalkan kasus baru maka tidak akan cukup fasilitas kesehatan kita untuk menanganinya,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah, hingga Selasa (5/1/2021) ada penambahan 7.445 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Kasus baru ini membuat total pasien positif Covid-19 mencapai 779.548 kasus.

Untuk kasus sembuh ada penambahan 6.643 orang. Total akumulatif pasien sembuh di Indonesia sebanyak 645.746 pasien.

Sedangkan angka meninggal dunia bertambah 198 orang. Hingga saat ini total kasus meninggal akibat Covid-19 mencapai 23.109 pasien.

 

(Kps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *