Pertama, Presiden Jokowi Sudah Divaksin

by -

Publikbogor.com – Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (13/1) pagi menerima suntikan dosis pertama vaksin corona buatan Sinovac Biotech, China di Istana Negara, Jakarta.

 

Proses vaksinasi dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (11/1) mengumumkan bahwa hasil efikasi atau tingkat keampuhan vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen.

 

Jokowi bukan satu-satunya kepala dunia yang telah mendapat suntikan vaksin corona. Setidaknya ada empat kepala negara lain di dunia yang telah mendapat suntikan vaksin corona.

 

Joko Widodo

Presiden Jokowi menerima suntikan dosis pertama vaksin Sinovac pada Rabu pagi di Istana Kepresidenan. Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntikkan vaksin corona.

 

Penyuntikan vaksin terhadap Jokowi dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. Dari pantauan CNNIndonesia.com, Jokowi disuntik di bagian lengan kiri.

 

Sebelum penyuntikan Jokowi tampak berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya secara umum. Tim dokter kepresidenan juga menunjukkan kotak vaksin bertulis Sinovac sebelum menyuntikkan vaksin ke Jokowi.

 

Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona (Covid-19) pada hari ini, Jumat (8/1). Dilansir Reuters, pelaksanaan penyuntikan terhadap Lee dilakukan di sebuah rumah sakit setempat.

 

Lee yang berusia 68 tahun mengunggah rekaman kegiatan vaksinasi itu melalui akun media sosial Facebook dan Twitter. Selepas disuntik, dia mengajak seluruh rakyatnya untuk mau melakukan vaksinasi.

 

Raja Salman

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud menerima suntikan vaksin corona pada Kamis (7/1). Media resmi menerbitkan gambar dan video yang menunjukkan raja yang berusia 85 tahun itu menerima suntikan.

 

Arab Saudi meluncurkan kampanye vaksinasi virus corona pada 17 Desember setelah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech. Kementerian Kesehatan mengatakan program itu akan diluncurkan dalam tiga tahap, dimulai dengan orang-orang yang berusia di atas 65 tahun dan mereka yang menderita penyakit kronis atau berisiko tinggi terinfeksi.

 

Ratu Inggris Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip menerima vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (9/1). Pihak dari Istana Buckingham mengatakan kepadaAFPbahwa Ratu Elizabeth IIdan Pangeran Philip mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Kastil Windsor. Proses tersebut melibatkan seorang dokter keluarga kerajaan.

 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip adalah dua dari1,5 juta orang di Inggris yang sejauh initelah menerima vaksin virus Corona. Program vaksinasi ini merupakan salah satu program imunisasi terbesar dalam sejarah Inggris.

 

Dalam program tersebut pemerintah Inggris menyatakan bahwa pemberian vaksin Covid-19 diprioritaskan kepada orang tua, pengasuh dan petugas kesehatan.

 

Joe Biden

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden telah menerima dosis pertama vaksin corona dari Pfizer-BioNTech pada Senin (21/12). Di tempat yang sama, Biden kembali menerima suntikan dosis kedua vaksin pada Senin (11/1).

 

Vaksinasi Biden disiarkan secara langsung di televisi untuk meyakinkan warga AS tentang keamanan vaksin tersebut. Tim transisi kepresidenan mengatakan jika Jill, istri Joe Biden telah menerima suntikan vaksin corona terlebih dahulu.

 

Biden dan calon ibu negara, Jill, adalah tokoh politik yang secara terbuka bergabung dengan gelombang pertama vaksinasi virus corona, yang bertujuan menghentikan pandemi yang telah menewaskan hampir 318 ribu orang AS.

 

Selain Biden, Wapres AS terpilih Kamala Harris juga telah mendapatkan dosis pertama vaksin corona buatan Moderna. Namun belum diketahui kapan Harris akan disuntikkan dosis kedua.

 

Benjamin Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin virus corona (Covid-19) pada Sabtu (19/12/2020) menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech di S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *