Bukan Jakarta, Tapi Kota Ini Yang Punya Internet Tercepat

  • Bagikan

Publikbogor.com – Ternyata dengan akses internet tercepat se-Indonesia ternyata bukan DKI Jakarta. Menurut data yang dilansir Speedtest, sebuah perusahaan yang menyediakan pengujian kecepatan koneksi internet di berbagai belahan dunia, Tangerang menjadi kota dengan akses internet tercepat.

DKI juga bukan runner up. Makassar berada di posisi kedua sementara DKI Jakarta di posisi ketiga.

 

Dibandingkan dengan Ibukota, kecepatan unduh rata-rata yang dicapai di kota Tangerang adalah 18,97 mbps sementara DKI Jakarta 17,91 mbps. Sedangkan kecepatan unggah Tangerang rata-rata berada di angka 12,28 mbps dan Jakarta di 10,81 mbps.

 

Dari sisi provider, Speedtest mengungkapkan Telkomsel menjadi provider dengan skor kecepatan tertinggi di angka 22,22. Kemudian, IM3 Ooredoo, XL, Smartfren, 3.

 

Namun untuk ketersediaan 4G, IM3 Ooredoo menjadi pemenang dengan tingkat ketersediaan 95,5%, sedangkan Telkomsel berada pada peringkat ke empat di angka 92,4%.

 

Tingkat konsistensi tetap dimenangkan oleh Telkomsel dengan konsistensi di angka 83,5%, berbeda jauh dengan IM3 Ooredoo yang menjadi runner up dengan tingkat konsistensi 77,7%.

 

Dari segi smartphone, iPhone 11 Pro Max dan iPhone Xs Max keluaran apple menjadi gawai dengan kecepatan unduh tertinggi di kisaran 27 – 29 mbps. Posisi selanjutnya ditempati gawai keluaran Samsung yaitu Galaxy Note 10+, Galaxy S10+, dan Galaxy Note9 dengan kecepatan unduh rata-rata di angka 25 – 27 mbps.

 

Di bawah Samsung, perusahaan manufaktur Xiaomi, Oppo dan Vivo menjadi pesaing dengan kecepatan 12 – 15 mbps di tanah air.

 

Berdasarkan data Desember 2020 Intel dinobatkan menjadi manufaktur chipset dengan kecepatan unduh tertinggi, diikuti dengan chipset buatan Samsung yang mendominasi 3 dari 5 jenis chipset yang seringkali digunakan pada gawai android.

 

Berdasarkan data yang sama, koneksi internet mobile tercepat di dunia dipegang oleh Qatar dengan 178,01 mbps. RI berada di peringkat 121 atau turun 4 peringkat dari tahun sebelumnya dengan kecepatan rata-rata 17,26 mpbs.

 

(Cnbc)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *