Ganjil Genap Bogor Diperpanjang

  • Bagikan

Publikbogor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperpanjang kebijakan ganjil genap setiap akhir pekan dan libur nasional dengan pembatasan waktu. Usai menggelar rapat koordinasi Forkompinda disepakati kebijakan ganjil genap di Kota Bogor dilanjutkan pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional.

 

“Karena itu kami menyepakati tadi, ganji genap dilanjutkan pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional tetapi dibatasi jam pemberlakuannya. Mulai jam 9.00 pagi hingga jam 18.00 WIB. Artinya memungkinkan untuk aktivitas ekonomi dibuka secara bertahap,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya usai menggelar rapat koordinasi Forkompinda, Selasa (16/2/2021).

 

Untuk hal lainnya, Bima menyebut sama seperti kebijakan sebelumnnya. Terkait jam operasional pelaku usaha, angkutan umum, kendaraan yang dikecualikan, dan angkutan online.

 

Bima menyebut perpanjangan ganjil genap dianggap efektif dalam menurunkan kasus positif covid-19.

 

Selain itu disebutnya ganjil genap selama dua pekan kemarin sangat efektif, terjadinya penurunan arus kendaraan yang masuk ke Kota Bogor dan kerumunan orang berkurang.

 

“Yang paling penting adalah tren jumlah kasus positif covid yang menurun sangat siginifikan. Berdasarkan data 6 Februari dilaporkan 187 kasus dan15 Februari kemarin angkanya 105 kasus. Jadi ini penurunan yang signifikan sepanjang masa pandemi di Kota Bogor,” papar Bima.

 

Kemudian bed occupancy rate (BOR), lanjutnya, mengalami penurunan semula pada akhir Januari 2021 angkanya 82% dan saat ini 49%. Angka itu, di bawah standar WHO 60%.

 

Hanya saja, lanjut Bima, selama ganjil genap dua pekan terakhir terjadi penurunan di bidang ekonomi, tingkat hunian hotel, rumah makan, restoran, dan termasuk pasar.

 

“Karena itu, kami harus mencari titik temu. Protokol kesehatan yang utama, tapi ekonomi diperhatikan,” ujarnya.

 

(BeritaSatu)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *