Pemdes Sadeng Datangi Mista Untuk Bantu Produksi Anyaman

by -

Publikbogor.com – Mista (51) diusianya yang tidak lagi muda ia masih tinggal sebatang kara di dalam rumah panggung di Kampung Gunung Seureuh RT 02 RW 06, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng.

 

Mista yang memiliki kekurangan fisik sejak lahir hingga kini untuk mencukupi kebutuhan perekonomiannya ia mengandalkan berjualan anyaman bambu.

 

“Boboko (Bakul), Hihid (Kipas), biasanya sih ada saja yang datang kesini untuk membeli, mulai dari harga 7 ribu sampai 40 ribu rupiah dijualnya pak, tergantung kesulitan pembuatannya,” ungkap Mista kepada wartawan pada, Selasa (23/02/2021).

 

Untuk mendapatkan bahan baku bambu Kata Mista, ada saja warga sekitar yang membantu mengirimkan bambu ke rumahnya.

 

“Kalau dianterin suka saya kasih 15 atau 20 ribu, saat ini sih terkendala pegawai karena saya mengerjakannya sendiri, kalau ada yang mau ya silahkan saya juga siap untuk ngajarin cara-cara pembuatannya,” ungkap Mista.

 

Di tempat yang sama, Kepala Dusun 3 Desa Sadeng Tatang mengungkapkan, bahwa ia diperintahkan oleh Kepala Desa Sadeng yang baru menjabat yakni Yanuar Lesmana untuk menyisir rumah warga kemudian didata.

 

“Awalnya mau kita bantu untuk mendapatkan bantuan UMKM namun tidak ada KTP, tapi saat ini beliau sudah punya KTP. Pak Mista ini hidup sebatang kara, mempunyai kekurangan fisik di kaki bahkan sudah tidak bisa berjalan hanya merangkak,” kata Tatang.

 

Tatang menambahkan, anyaman-anyaman bambu hasil kerajinan tangan Mista tersebut sempat dipamerkan di Kantor Desa Sadeng, bahkan ke depan hasil kerajinan tangan Mista itu akan dijajakan di tempat wisata alam Waguruh yang terletak di Desa Sadeng.

 

“Alhamdulilah setelah KTP nya di urus mendapatkan bantuan dari pemerintah, bahkan, rencananya ingin produksi kerajinan tangan pak Mista ini akan di jual nanti di Waguruh,” ujarnya.

 

(Fahri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *