Beda Dari FIFA, Begini Regulasi Pergantian Pemain di Piala Menpora 2021

  • Bagikan

Publikbogor.com – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil kebijakan yang sedikit berbeda dengan FIFA soal pergantian pemain di Piala Menpora 2021.

 

Piala Menpora 2021 tinggal menunggu hari.

 

Sekitar dua pekan lagi, tepatnya pada 21 Maret 2021, sepakbola Indonesia akan kembali berdenyut lewat gelaran Piala Menpora 2021.

 

Turnamen pramusim ini juga akan menjadi indikator kelayakan sepakbola Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

 

Guna memperjelas kesiapan turnamen, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara baru saja merilis regulasi Piala Menpora 2021.

 

Dalam regulasi tersebut, PSSI dan PT LIB menjelaskan berbagai aturan mulai dari pembagian grup, teknis jalannya pertandingan, hingga sistem turnamen.

 

Salah satu poin penting yang dibahas dalam regulasi Piala Menpora 2021 adalah aturan pergantian pemain.

 

Seperti diketahui, dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, regulasi pergantian pemain menjadi hal yang sangat penting.

 

Sebab, fisik pemain banyak mengalami penurunan akibat lama tidak bertanding.

 

Belum lagi potensi kelelahan karena jadwal turnamen yang padat bisa meningkatkan risiko pemain tertular virus corona.

 

Oleh sebab itu, PSSI dan PT LIB sangat memperhatikan aturan pergantian pemain.

 

Meski begitu, PSSI dan PT LIB tampaknya tidak ingin mengadopsi aturan FIFA soal pergantian pemain.

 

FIFA selaku lembaga sepakbola dunia telah mengubah aturan pergantian pemain sejak Mei 2020 lalu.

 

Jika sebelumnya pergantian pemain dalam satu pertandingan berjumlah tiga orang untuk masing-masing tim, kini setiap klub diizinkan mengganti pemain hingga lima orang.

 

PSSI dan PT LIB memilih jalan lain dengan menambah satu lagi kuota pergantian pemain dari FIFA menjadi enam orang.

 

Enam pemain itu bisa dimasukkan dalam tiga kali kesempatan mengganti pemain selama 90 menit pertandingan.

 

Selain itu, PSSI dan PT LIB juga mengatur mekanisme pergantian pemain dalam babak perpanjangan waktu yang mungkin ada dalam perempat final, semi final, dan final.

 

Berikut regulasi pergantian pemain dalam Piala Menpora 2021:

 

1.  Diperbolehkan sebanyak-banyaknya 6 pemain cadangan yang terdaftar dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) dapat bermain dalam pertandingan. Dalam proses kesempatan waktu pergantian pemain, wasit cadangan harus menggunakan papan pergantian pemain di mana terdapat nomor di kedua sisinya.

 

2.  Mekanisme waktu pergantian pemain saat pertandingan hanya dapat dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:

 

– Saat permainan berlangsung (2×45 menit), setiap klub hanya memiliki 3 kali kesempatan waktu pergantian pemain di mana dalam satu waktu pergantian bisa melakukan hingga maksimal enam pergantian pemain, tergantung kepada kuota pergantian pemain yang tersisa.

 

– Jika pertandingan dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu (Extra Time), setiap klub mendapatkan tambahan 1 pemain cadangan yang dapat dimainkan dan 1 kesempatan waktu pergantian pemain. Apabila pada masa durasi 2 x 45 menit belum menggunakan jumlah maksimal pemain cadangan yang diperbolehkan seperti tercantum di Pasal 6 ayat 2 dan 3 huruf a, jumlah dan kesempatan waktu pergantian pemain dapat dilakukan secara akumulasi di babak perpanjangan waktu.

– Pada masa jeda babak pertama, sebelum babak Extra Time dan sebelum babak kedua Extra Time, klub diperbolehkan melakukan pergantian pemain sepanjang masih memiliki kuota pergantian pemain. Pergantian pada masa jeda ini tidak mengurangi jumlah 3 kali kesempatan waktu pergantian pemain pada saat permainan berlangsung seperti tercantum di Pasal 6 ayat 3 huruf a dan huruf b.

 

3.  Apabila terdapat kurang dari 7 pemain dari salah satu tim dalam pertandingan, maka pertandingan akan dihentikan.

 

 

Sumber : BolaSport

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *