Sayonara Smartphone LG

by -

Publikbogor.com – LG Electronics resmi menutup bisnis ponsel miliknya secara keseluruhan. Keputusan itu diumumkan langsung oleh dewan direksi LG pada Senin (5/4/2021).

Menueurt LG dalam keterangan tertulisnya, penutupan ini disebabkan oleh kondisi persaingan bisnis ponsel pintar yang sangat ketat.

Meski unit bisnisnya ditutup, LG mengatakan bahwa aksesori maupun kelengkapan ponsel saat ini masih tetap tersedia.

LG juga masih akan melanjutkan dukungan layanan dan pembaruan perangkat lunak (software) untuk pengguna dengan jangka waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Nasib para karyawan maupun status mereka setelah penutupan bisnis ponsel LG masih belum diungkap. Proses penutupan bisnisnya sendiri diperkirakan akan rampung sekitar pertengahan tahun ini.

“Penutupan akan selesai pada 31 Juli 2021, meskipun stok beberapa model masih akan tersedia setelah tanggal tersebut,” tulis LG.

Sebelumnya pada Januari lalu, LG sempat dikabarkan ingin menjual bisnis ponselnya ke salah satu perusahaan konglomerasi asal Vietnam, Vingroup Co.

Dengan ditutupnya unit bisnis ponsel, LG turut menghentikan pengembangan ponsel layar lipat miliknya, dan menunda seluruh rencana peluncuran ponsel baru di paruh pertama 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (5/4/2021).

Meski kerap menelurkan model inovatif, nama LG sendiri kurang bersinar di industri ponsel. Upaya bangkit dengan menelurkan produk LG Red Velvet dan LG Wing pada 2020 pun tak berhasil mengangkat bisnis ponsel LG.

Setelah menutup bisnis ponsel, LG mengatakan akan fokus dalam pengembangan unit bisnis lainnya seperti komponen kendaraan listrik, perangkat pintar, teknologi robotics, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan, AI), serta platform lain di berbagai lini.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *