Berikut Cara Kembalikan Foto yang Terhapus

  • Bagikan

Publikbogor.com – Sebelum membahas secara rinci bagaimana cara memulihkan foto terhapus dengan aplikasi tertentu, kalian wajib mengetahui cara memulihkannya tanpa aplikasi.

Walaupun memang sayangnya, tutorial ini hanya cocok apabila smartphone kalian mempunyai fitur recently deleted atau trash. Dan setelah foto terhapus secara tidak sengaja ini sebenarnya file tidak hilang permananen dari smartphone kalian.

Tetapi, berpindah ke fitur trash. Trash ini menyimpan kurang lebih selama 1-2 bulan hingga kalian memilih untuk restore file fotonya. Kalian dapat memeriksa apakah smarpthone kalian memiliki fitur ini.

Jika iya, kalian dapat melakukan pemulihan foto tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak kedua. Meski mempunyai fitur trash atau recently deleted kurangilah kecerobohan kalian dengan tidak menghapus foto.

Kalian dapat memikirkannya berulang kali, apakah foto tersebut perlu kalian tetap keep atau delete.

Aplikasi Mengembalikan Foto Terhapus di Android

Sebenarnya, ada baiknya kalian memiliki aplikasi seperti yang kami rekomendasikan di bawah ini sebelum kalian kehilangan foto yang kalian sukai.

1. DigDeep Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yaitu dengan aplikasi DigDeep Image Recovery. Sejak pertama kali muncul, DigDeep Image Recovery ini sendiri sudah memiliki banyak pengguna setia.

Aplikasi ini sendiri memang sengaja dikembangkan untuk membantu pengguna Android memulihkan file fotonya yang terhapus dengan atau tanpa sengaja.

Kalian dapat mengunduh aplikasi DigDeep Image Recovery dan jalankan pada Android dan nantinya secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan foto milik kalian yang sudah terhapus.

Kalian pun dapat memulihkan segera file foto yang menurut kalian penting.

2. Recover Deleted Photos

Dan seperti yang kalian tahu, DigDeep Image Recovery ini menjadi salah satu aplikasi untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Aplikasi ini membantu kalian mengembalikan foto terhapus dengan cepat.

Recover Deleted Photos ini akan memulihkan foto dengan cara melakukan scan pada folder yang menjadi lokasi foto yang terhapus.

Menariknya, kalian pun dapat menemukan berbagai foto menarik bahkan yang sudah lama sekali. Lakukan backup agar foto yang kalian pulihkan tersebut tidak hilang kembali. Bila perlu simpan pada komputer atau laptop.

3. Google Drive

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yaitu melalui Google Drive. Dan memang satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah file foto harus kalian  unggah pada Cloud Google.

Tetapi, bagaimana bila foto terhapus sebelum mengunggahnya? Hasilnya, foto tersebut tidak dapat kamu pulihkan karena datanya tidak tersimpan pada Google Drive.

Pada aplikasi Google Drive, carilah menu Trash kemudian buka file foto yang tersimpan. Kalian dapat mengembalikan file-file foto tersebut dengan memilih Restore.

4. Undeleter Recover Files and Data

Undeleter Recover Files and Data ini juga menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Aplikasi ini sendiri menawarkan banyak kemudahan guna memulihkan data yang hilang dari ponsel.

Kalian pun dapat memulihkan data dari SMS, WA, call logs maupun aplikasi lainnya. Artinya, berbagai foto yang terunduh oleh WA sebelumnya dapat kamu pulihkan kembali.

Karena mampu mengembalikan berbagai macam file tidak hanya foto, Undeleter Recover Files and Data memperoleh lebih banyak pujian dari pengguna. Alasan lain mengapa aplikasi ini populer karena cara kerjanya yang amat simpel dan mudah.

5. Dumpster

Fungsi utama dari Dumpster ini sama seperti yang lainnya yaitu untuk melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Dan hampir sama bagusnya dengan Recyle Bin yang biasa kalian temukan pada PC maupun komputer.

Aplikasi ini sendiri mampu memulihkan data terhapus tanpa perlu melakukan root. Kelebihan lainnya yaitu Dumpster juga dapat kalian jalankan secara offline. Untuk mendapatkan manfaat dari Dumpster, kalian wajib mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Pilih file foto yang ingin kalian pulihkan dan simpan pada lokasi terbaik. Tidak hanya memulihkan foto, Dumpster juga efektif untuk mengembalikan file PDF, MP3, JPG bahkan MP4.

6. Google Photo

Selain Google Drive, ada cara lain yang bisa kalian coba untuk memulihkan foto via Google yakni menggunakan Google Photo. Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP ini jauh lebih mudah karena foto otomatis tersimpan pada Google Photo saat kalian menggunakan aplikasinya sesering mungkin.

Langkah pertama memulihkan foto via Google Photo yaitu membuka aplikasinya lalu memilih ‘Galeri Foto’ kemudian pilih ‘Sampah’ Sistem Google Photo akan menampilkan foto maupun video yang terhapus dan kalian pun dapat menyeleksi mana file yang hendak kalian pulihkan.

Sentuh lama foto dan pilih pulihkan. Foto atau video yang sudah Google Photo pulihkan dapat kalian temukan entah pada album, galeri maupun aplikasi galeri HP. Periksa semua lokasinya dan temukan file-file foto yang berhasil pulih.

7. 4EXT Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yaitu melalui 4EXT Recovery. Aplikasi ini sendiri dapat merestorasi data kalian dengan mudah dan cepat karena memiliki support teknologi tercanggih.

Dan tentu saja dapat jadi support teknologi tersebut tidak dapat kalian temukan pada aplikasi-aplikasi sebelumnya. Kekurangan 4EXT Recovery hanyalah aplikasinya yang berbayar sehingga kalian memang perlu merogoh kocek terlebih dahulu jika tertarik instalasi dan menjalankannya.

Selain bertugas untuk memulihkan foto terhapus, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti online install atau upgrade.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus pada iPhone

Pemulihan Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP iPhone ini dapat dilakukan tanpa aplikasi. Walaupun memang teknologi yang tersemat pada iPhone dan Android ini berbeda.

Kalian dapat melakukan pemulihan foto menggunakan Google Photos dengan cara serupa. Tutorial lengkap merestorasi foto via Google Photo telah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Sama seperti dengan Android, foto-foto pada perangkat iPhone yang terhapus tidak langsung hilang permanen melainkan masuk ke folder ‘Terbaru Hapus’.

Yang perlu kalian lakukan berikutnya adalah membuka ‘Foto’ lantas memilih ‘Album’ Silahkan ketuk foto yang baru saja kamu hapus pada menu Utilitas dan pilih pulihkan.

Dan kalian jangan sampai lupa untuk melakukan konfirmasi pemulihan foto dengan memilih konfirmasi. Secara otomatis, sistem iPhone akan mengembalikan foto-foto yang kamu pilih pada album foto atau galeri.

Mengatur Foto iCloud

Jika Google Drive ini sendiri memiliki Cloud-nya sendiri begitu pula iPhone. Foto yang tersimpan pada iCloud dapat kalian temukan dengan aman kapan saja ketika membutuhkannya.

Akses ke iCloud juga sangat mudah, lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur iCloud?

  • Langkah pertama, kalian dapat masuk ke menu setting pada iPhone kalian lalu pilih iCloud.
  • Kemudian kalian pilih foto yang ingin kalian simpan pada iCloud. Semakin banyak foto yang tersimpan maka akan semakin baik terutama jika kalian merupakan tipikal orang yang ceroboh.
  • Terakhir yaitu kalian dapat menyalakan foto-foto yang sudah kalian input pada iCloud. Agar proses konektivitas tidak terputus pastikan kalian selalu terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau kuota data internet.
  • Agar iCloud kalian aman dan selalu mudah akses pastikan untuk login menggunakan ID Apple yang sama. Periksa ID Apple dengan membuka menu pengaturan dan melihat alamat email berikut nama yang terekam. Alamat email tersebut merupakan ID Apple resmi milik kalian.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Sumber : eksportku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *