Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Rilis Akhir November

  • Bagikan

Publikbogor.com – Qualcomm akan meluncurkan chipset smartphone premium terbarunya pada 30 November 2021 dalam acara Snapdragon Tech Summit.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnmya, nama chipset Snapdragon flagship tahun ini akan bernama Snapdragon 8 Gen1.

Berbeda dari model-model sebelumnya yang menggunakan nama Snapdragon 888. Hal itu menepis spekulasi bahwa nama chipset Snapdragon flagship pada tahun ini bernama Snapdragon 898

“Nama chip Snapdragon seri 8 berikutnya akan memiliki nomor seri dan nomor generasi satu digit, yang berarti dinamai Snapdragon 8 Gen1,” kata Qualcomm seperti dikutip Gizmochina dan GSM Arena.

Apa alasan Qualcomm merubah penamaan chipset premiumnya?

Qualcomm melihat penamaan Snapdragon 8 Gen1 sangat sederhana dan memudahkan pelanggannya untuk mengingatnya. Qualcomm juta akan beralih ke skema penamaan baru untuk chipset lain yang sekarang disebut Snapdragon 695, Snapdragon 480+, dan seterusnya.

https://tpc.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html “Struktur penamaan baru yang lebih sederhana dan konsisten di platform kami, akan memudahkan pelanggan menemukan dan memilih perangkat yang didukung Snapdragon,” kata Qualcomm dalam situs resminya.

Kemungkinan chip Qualcomm dengan performa di bawah Snapdragon 8 Gen1 akan disebut sebagai Snapdragon 7 Gen1, Snapdragon 6 Gen1, dan seterusnya. Saat ini, belum ada konfirmasi resmi tentang informasi mengenai hal ini.

Perubahan lain yang diumumkan adalah pemisahan nama Qualcomm dan Snapdragon, di mana Snapdragon akan menjadi merek produk yang berdiri sendiri. Namun, perusahaan masih bisa menambahkan kata Qualcomm di Snapdragon apabila sesuai.

Perubahan selanjutnya adalah logo bola api di Snapdragon yang ikonik. Logo ini diklaim memiliki visual baru dan kreativitas lain. Kemudian, Qualcomm akan menghapus nama 5G yang biasa muncul di produk Snapdragon. Perusahaan memastikan chip mereka selanjutnya bakal mendukung internet 5G.

Qualcomm juga mengatakan akan menggunakan lencana berwarna di logo chipnya untuk membedakan chip unggulan dengan chip berdaya rendah. Perusahaan akan menggunakan lencana Emas untuk chip tingkat atas, sedangkan Midnight, Gunmetal, Nickel, dan Red akan digunakan untuk chipset lainnya.

Xiaomi, Motorola, Lenovo, Oppo, Samsung, dan Huawei adalah kelompok pertama perusahaan yang akan meluncurkan ponsel dengan chip Snapdragon 8 Gen1. Mungkin, Xiaomi 12 dan Motorola Edge X bisa benar-benar menjadi ponsel pertama yang digerakkan oleh chip baru itu

Sumber : Info Komputer

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *