Yuk Intip Kecanggihan Sarung Tangan Bos Meta

  • Bagikan

Publikbogor.com – Mark Zuckerberg makin membuktikan ambisinya terjun lebih dalam ke dunia metaverse. Kali ini bos Meta itu memamerkan sarung tangan canggih layaknya terminator.

Benda tersebut telah dikembangkan Meta Reality Labs. Sarung tangan itu menggunakan teknologi haptic, dikutip The Verge, Kamis (18/11/2021).

Sarung tangan canggih itu akan memunculkan sensasi pengguna saat menyentuh sebuah obyek. Jadi ada penyesuaian pada tekanan dan sensasi sentuhan, dari menyentuh sebuah benda nyata dalam dunia virtual.

Dalam akun Instagramnya, Mark Zuckerberg menjelaskan soal perangkat tersebut. Tak lupa juga menjanjikan sarung tangan ini akan bisa digunakan oleh banyak orang nantinya.\

 “Tim Meta Reality Lab sedang mengerjakan sarung tangan haptic untuk memberikan sensasi realistis terharap sentuhan di metaverse. Suatu saat, Anda akan bisa merasakan tekstur dan tekanan ketika menyentuh objek virtual,” kata dia.

Sebelumnya Kepala Meta Reality Labs, Michael Abrash juga pernah menjajal sarung tangan tersebut. Saat itu dia menyentuh obyek piring secara virtual pada headset virtual reality.

Ada sensasi dan sentuhan serta suara gesekan keramik saat pengujian tersebut. Ini membuat kesan aktivitas dunia virtual mendekati kenyataan.

“Saya melihat piring dan melihat jari saya di piring, lalu saya mendengar suara, semacam gesekan di atasnya dan saya merasakan getarannya. Saya memberitahu Anda, saya sedang menggerakkan jari saya di atas piring keramik,” ujar Michael Abrash.

Sensasi sentuhan pada obyek virtual sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Tapi kebanyakan pembuat perangkat haptics menjual produknya bukan untuk kebutuhan publik lebih luas, namun pada institusi militer, industri atau akademik.

Meta sendiri memproduksi sistem Quest VR berorientasi pada konsumen. Perusahaan tersebut juga telah menghabiskan miliaran dolar dalam membangun dunia virtual, selain juga melakukan integrasi pada virtual reality dan augmented reality.

Sumber : CNBC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *